Tips Solo Traveling ke India

Bagi saya dan mungkin sebagian besar orang lainnya, India adalah sebuah negara yang cukup mengundang untuk dikunjungi. Kepopuleran musik serta film-film Bollywood, kemisteriusan jejak sejarah, kekayaan kuliner, serta keterkaitan budaya yang cukup panjang dengan Indonesia telah menjadikan negara ini sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik.

Namun sayangnya, citra buram tentang kemiskinan, kesemrawutan, serta beberapa berita yang terkait dengan keamanan India, sering membuat nyali para traveler yang ingin mencoba untuk mengeksplorasinya menjadi ciut. Padahal India adalah sebuah negara yang eksotis, dimana pengalaman dalam menjelajahinya akan memperkaya jiwa.

makam-humayyun-delhi-bartzap
Makam Kaisar Humayun dari Dinasti Mughal di Delhi.

Saya harus mengakui, bahwa berjalan-jalan di India tidaklah mudah. Bahkan jika itu dilakukan secara berkelompok sekalipun. Apalagi jika dilakukan secara solo dan independen. Dibutuhkan sebuah keberanian dan kenekadan tertentu untuk melakukannya.

Namun, itu  bukan berarti tak mungkin, karena saya sudah membuktikannya. Jika mau, kalian pun dapat melakukannya. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar petualangan kalian di India dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips solo traveling ke India dari saya, yang mungkin bisa bermanfaat bagimu.

Tips dalam Persiapan

  • Siapkan Rupee Sebelum Masuk India. Jika jadwal kedatangan kalian di India adalah lewat tengah malam, dan kalian bermaksud untuk masuk ke dalam kota dengan menggunakan pre-paid taxi. Maka sebaiknya kalian telah menyiapkan sejumlah rupee yang cukup untuk membayarnya. Karena jika kalian membayarnya dengan dollar, mereka akan menolak. Dan jikapun bersedia maka nilai yang mereka minta akan sangat berlebihan, seperti pengalaman saya di Kolkata.
  • Cari Info Destinasi dan Cek Musim yang Sedang Berlangsung. India adalah negara yang terletak pada sebuah anak benua, dengan rentang iklim yang berada pada tropis hingga sub tropis. Masing-masing negara bagian di India memiliki karakteristik iklim yang spesifik. India bagian selatan adalah daerah tropis dengan cuaca yang cenderung sama seperti Indonesia. Sedangkan India bagian utara memiliki cuaca yang sangat berbeda dan ekstrim. Dimana akan sangat panas pada musim panas, dan menjadi sangat dingin pada musim dingin. Tentunya kalian tak ingin salah kostum ketika sampai di sana khan?
  • Pergilah Pada Musim Semi. Karena udara cukup sejuk pada waktu itu, meskipun malam bisa menjadi cukup dingin, namun tidak semengganggu ketika musim dingin. Bunga-bungapun sedang bermekaran dan rerumputan menghijau.
musim-semi-di-taj-mahal
Salah satu sudut kompleks Taj Mahal di musim semi, terlihat lebih asri.
  • Konsultasi ke Dokter, dan Jangan Lupakan Obat-obatan Pribadi. Beberapa referensi menyarankan kita untuk mengambil beberapa vaksinasi dan obat-obatan tertentu. Ada baiknya kalian mencari tahu vaksinasi dan obat-obatan apa yang sekiranya cocok untuk negara bagian India yang akan kalian datangi. Semisal, apakah kalian perlu untuk mengkonsumsi pil kina demi menghalangi malaria yang potensial menyerang kalian di India selatan? Tapi percayalah, ini hanya anjuran, jangan dianggap terlalu berlebihan.
  • Belilah Asuransi! India adalah negeri penuh petualangan, bahkan kalian sudah dapat menemukannya di dalam kota sekalipun. Cukup dengan menaiki auto-rickshaw yang melaju zig-zag, kalian sudah dapat mempertaruhkan keselamatan diri. Bukan menakut-nakuti, tapi berjaga-jaga lebih baik, bukan? Asuransi yang memiliki jaringan luas, customer service yang dapat dihubungi 24 jam sehari, dengan pelayanan dan cakupan yang memadai adalah sebuah syarat mutlak. Percayalah, ini adalah investasi yang tak akan kalian sesali jika terjadi pada saat solo traveling ke India.

Tips Terkait Akomodasi

  • Pesan Akomodasi Secara Online. Saya sangat menyarankan ini, terutama jika kalian tiba di India pada malam hari. Pemesanan secara online akan mempermudahkan kalian dalam memilih serta membandingkan satu akomodasi dengan yang lainnya, karena kalian dapat membaca ulasan dari pengunjung-pengunjung sebelumnya. Namun kalian juga harus teliti dalam melihat ulasan-ulasan yang ada. Apakah itu benar-benar dari pengunjung yang representatif ataukah hanya ulasan yang sengaja dibuat untuk menaikkan rating saja? Semakin beragam asal traveler yang memberikan ulasan, maka semakin baik pula. Situs-situs penyedia jasa ulasan semacam tripadvisor, dan pemesanan online seperti Booking.com dan Agoda termasuk yang dapat diandalkan dan membantu kalian dalam hal ini.
panorama-guest-house-di-udaipur
Beranda Panorama Guest House dan kepadatan kota Udaipur yang menjadi lokasinya.
  • Cek Ulang di Peta dan Mintalah Petunjuk Arah Jika Perlu. Kota-kota di India pada umumnya sangat semrawut. Mencari alamat sebuah tempat terkadang bukan pekerjaan mudah. Maka pastikan kalian sudah mengetahui dengan tepat letak akomodasi yang dipesan. Jika kalian kesulitan untuk menemukannya di peta, maka mintalah petunjuk arah dari pengelola akomodasi dan cek ulang kembali di peta. Atau, jika mereka mempunyai fasilitas penjemputan itu akan jauh lebih baik.
  • Cek Referensi Calon Host kalian. Jika kalian bermaksud untuk menghemat budget akomodasi dan memperkaya pengalaman dengan menginap pada rumah warga lokal menggunakan Couchsurfing seperti yang saya lakukan di Delhi, maka pastikan bahwa calon host kalian memiliki referensi yang cukup baik dan terpercaya. Jangan sembarangan menerima tawaran menginap dari anggota CS yang kurang jelas, terutama jika kalian seorang wanita. Biar bagaimanapun mereka tetap asing, sampai kalian bertemu dan berpisah dari mereka.

Tips Terkait Transportasi

  • Pesan Tiket Kereta Jauh-jauh Hari. Sistem kereta api India adalah moda transportasi yang relatif aman, murah, dan dapat diandalkan untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya, karena ia menjangkau hampir seluruh pelosok negeri. Ia popular baik di kalangan traveler maupun warga lokal. Oleh karenanya persaingan dalam memperoleh tiket kereta api sangatlah ketat. Saya menyarankan agar kalian menggunakannya, dan memesan tiketnya jauh-jauh hari. Karena itu akan memperkecil kemungkinan kalian terjebak scam dan kehabisan tiket. Memang sistem perkereta apian di India memungkinkan traveler asing untuk membeli tiket secara langsung di sana, namun pada umumnya tiket go-show memiliki kuota yang terbatas. Saya menyarankan pembelian tiket kereta pada 120 hari hingga 90 hari sebelum keberangkatan.
  • Cek Status Tiket Kereta Kalian Sebelum Membayar. Sistem ticketing kereta api di India, agak unik dan rumit. Mendapatkan tiket, bukan berarti kalian pasti akan mendapatkan bangku, dan dapat berangkat ke tempat tujuan. Pastikan hanya membeli tiket kereta dengan status Confirmed Reservations (CNF), atau kalau tak bisa ambilah yang statusnya Reservation Against Cancelation (RAC), dan jangan sekali-kali membayar tiket dengan status Waitlisted (WL). Jika tak mendapatkan tiket sesuai harapan, coba susun kembali itinerary dan jam keberangkatan kalian.
suasana-stasiun-udaipur
Suasana Stasiun Kereta di Udaipur, negara bagian Rajasthan.
  • Pastikan Gerbong Kereta Kalian Sebelum Boarding. Sebelum menaiki kereta, pastikan untuk mengecek nama dan gerbong kalian kembali pada daftar yang dikeluarkan oleh pihak IRCTC (Indian Railway Catering and Tourism Corporation). Mereka selalu memasangnya pada sebuah papan pengumuman di stasiun. Jangan sampai kalian naik pada gerbong suatu kelas, sementara gerbong kalian sendiri berada pada kelas yang berbeda. Karena biasanya mereka menyekat gerbong antar kelas, untuk menghindari kecurangan penumpang. Salah naik kelas dan kereta terlanjur berangkat? Mungkin kalian bisa berpindah kelas pada stasiun selanjutnya. Tapi percayalah itu akan menjadi PR baru, dan bisa-bisa solo traveling ke India kalian berakhir pada drama yang memilukan.
  • Gunakan Kendaraan Berargometer, atau Pastikan Harganya Sejak Awal. Jika kalian ingin menggunakan taksi, atau auto-rickshaw. Mintalah agar mereka memasang argometernya. Di beberapa kota seperti Delhi dan Mumbai, penggunaan argometer adalah sebuah kewajiban yang diatur oleh undang-undang, bahkan pada auto-rickshaw sekalipun. Jika mereka menolak atau bilang rusak, carilah lainnya saja. Jika tak ada, pastikan harganya telah kalian sepakati sebelum menaikinya.
  • Gunakan Metro. Beberapa kota besar seperti Delhi dan Kolkata, telah dilengkapi dengan sistem metro atau kereta bawah tanah yang cukup baik. Bahkan metro di Delhi tergolong modern dan bersih. Sementara di Kolkata, meskipun armadanya terlihat lebih tua, namun cukup tertib dan dapat diandalkan. Dengan menggunakan metro kalian dapat menjelajahi kota dengan lebih cepat, murah, dan aman.

Tips Terkait Objek Wisata

  • Kenali Konter Tiket Kalian. Beberapa objek wisata di India, seperti Taj Mahal misalnya, memiliki konter tiket khusus bagi traveler asing. Konter tersebut memungkinkan kalian untuk menghindari antrian bersama warga lokal.
kepadatan-pengunjung-di-taj-mahal
Kepadatan pengunjung di gerbang Taj Mahal, selepas tengah hari.
  • Datanglah Pada Pagi Hari. Maka kalian bisa menikmati objek wisata yang ada secara lebih leluasa. Selain itu kalian bisa memuaskan diri untuk mengambil foto, sebelum antrian permintaan foto bersama dari warga lokal mengganggumu.
  • Taati Peraturan dan Adat Istiadat yang Ditetapkan. Ini adalah kewajiban kita sebagai tamu, meskipun dianggap raja, kita tetap harus menghormati tuan rumah bukan?

Tips Terkait Keamanan dan Kesehatan

  • Jangan Taruh Seluruh Uang Pada Satu Tempat Yang Sama. Sebaiknya kalian memiliki beberapa tempat penyimpanan. Selama di India, saya menyimpan uang berpecahan besar dan yang jumlahnya banyak bersama dengan passport, pada sebuah tas khusus yang saya sandang di balik pakaian. Sedangkan uang receh dengan pecahan besar secukupnya untuk kebutuhan sehari-hari, saya letakkan pada tas pinggang. Sisa uang lainnya tetap saya simpan di dalam rekening bank, yang jika diperlukan dapat saya tarik melalui ATM.
  • Jangan Tunjukkan Uang Yang Banyak di Muka Umum. Lakukanlah pengaturan penyimpanan uang pada ruang-ruang pribadi yang cukup aman saja.
  • Bawalah Padlock. Selama di India saya membekali diri dengan padlock kecil bertali baja yang cukup kuat. Benda ini berguna terutama ketika saya berada pada kereta jarak jauh. Dengannya, saya tak perlu khawatir ketika harus meninggalkan ransel pada waktu akan ke kamar kecil. Karena barang bawaan saya tersebut sudah dirantaikan ke besi penyangga tempat duduk yang cukup kuat.
  • Jangan Berada Pada Area Yang Asing di Malam Hari, Seorang Diri. Usahakan untuk sudah berada di penginapan ketika malam tiba.  Dan kalaupun kalian ingin berjalan-jalan ajaklah traveler lain, atau orang lokal yang dapat kamu percaya.
  • Jangan Berkendara Seorang Diri di Malam Hari. Anjuran ini terutama sangat disarankan untuk para solo traveler wanita. Sebenarnya saya melanggar tips ini ketika berada di Udaipur. Namun, saya seorang lelaki, dan pada waktu itu saya meningkatkan kewaspadaan lebih dari biasanya.
  • Minta Jemputan. Jika kalian sampai di sebuah kota baru pada malam hari atau pagi buta, pastikan ada yang menjemput, atau tetaplah tinggal di tempat umum yang aman hingga hari cukup terang dan suasana kondusif.
india-gate-dan-tentara-penjaga-di-rajpath
India Gate di Rajpath (Kingsway) Delhi dan tentara penjaga: Hampir di seluruh bagian India adalah pemandangan umum jika kita menemukan tentara-tentara berjaga dilengkapi dengan senjata laras panjang.
  • Pastikan Higienitas Air Minum Kalian. Sebelum membeli air minum dalam kemasan, pastikan bahwa segel dan botolnya dalam kondisi baik, warna airnya normal, dan terdapat logo INS (India National Standard) pada kemasannya.
  • Bekali Diri Dengan Hand Sanitizer. Meskipun beberapa rumah makan India seringkali menyediakan kobokan, hand sanitizer adalah investasi kecil yang sangat berharga. Bawalah selalu kemanapun kamu pergi.
  • Telitilah Sebelum Makan. Street food dan kuliner India adalah salah satu yang paling menggoda di dunia. Meskipun terkadang penampakannya ajaib, kuliner India rasanya cukup sedap, dan wajib untuk dicoba. Namun, sebelum kalian menyantapnya, pastikan kebersihan tempatnya, serta makanan, dan minuman yang mereka sajikan. Gunakan saja standar pemikiran yang sama seperti jika kau jajan di Indonesia. Saya rasa dengan itu kalian sudah cukup aman.
  • Waspadai Scam dan Orang-orang yang Bermaksud Jahat. Seperti layaknya tujuan wisata di manapun di dunia, India juga terkenal dengan scam-scamnya. Ada baiknya jika kalian membaca modus-modus scam di India yang diulas pada banyak forum di internet, atau referensi lainnya, jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Kenalilah, serta pikirkan diversifikasinya. Selain itu waspadalah pada orang-orang yang menawarkan suatu produk jasa melalui jalur yang tak resmi, pijatan Ayurvedic misalnya. Jika kalian ingin mencoba, datanglah pada spa khusus yang telah pasti ulasannya.
  • Tingkatkan Kewaspadaan Pada Daerah Konflik dan Acara Politik. Jika tak terlalu penting, hindarilah daerah-daerah tersebut. Meskipun saya tahu, kalian pun pasti akan tergoda jika memahami apa yang bisa kalian temukan di Kashmir misalnya.
  • Gunakan Common Sense. Mungkin segala hal yang berkaitan dengan keamanan di India dapat membuat kalian jeri. Tapi tenanglah, sebenarnya India cukup aman selama kalian menerapkan standar keamanan yang umum atau lebih ditingkatkan jika diperlukan. Dan jangan beri celah kepada orang yang bermaksud buruk untuk mengganggu.

Tenang, Rileks, dan Nikmati Perjalananmu

Jika kalian telah sampai di India. Tenanglah. Rileks saja. Nikmati India. Terima ia apa adanya. Karena itu yang terpenting.

bartzap-di-red-fort-castle-agra
Menyusuri kemegahan Agra Fort.
pagi-di-varanasi
Suasana pagi di salah satu ghat sungai Gangga, Varanasi, negara bagian Uttar Pradesh.

Kunjungilah bangunan-bangunan agung peninggalan masa lalunya. Pelajari sejarahnya. Selami karya seninya. Nikmati kulinernya. Rasakan tradisi dan perpaduan multi golongannya. Jangan lupa bergaul dan berkawan dengan warga lokalnya. Dan jika kalian cukup beruntung, hadiri juga pesta adat mereka. Resapi kemeriahannya.

Saya yakin jika kalian melakukannya, segala hal buruk yang selama ini menghantui diri tentang India, akan menguap dan berubah menjadi kerinduan ketika kalian meninggalkannya. Dan solo traveling ke India akan menjadi salah satu perjalanan yang paling berkesan dalam hidup kalian.

bartzap-di-udaipur
Di Udaipur, salah satu kota favorit saya selama solo traveling ke India.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Software

Advertisements

Posted by

a Globetrotter | a Certified Diver: PADI Advance Diver and AIDA** Pool Freediver | a Photography Enthusiast | a Laboratory Technician.

120 thoughts on “Tips Solo Traveling ke India

      1. Kak saya kepingin banget ke India. Tapi kendala dalam bahasa. Gimana saran nya ya. Kk tinggal dimana kalo boleh cari waktu untuk pergi bareng

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s