[Open Trip] Annapurna Base Camp Trek

annapurna-base-camp-trekking-trip-bartzap-dotcom

HIGHLIGHT

Trekking di Himalaya tentu menjadi impian bagi banyak petualang dunia. Terlepas dari reputasinya sebagai pegunungan yang menjadi tuan rumah bagi puncak-puncak dunia, trekking di pegunungan itu sesungguhnya tak sesulit yang dibayangkan. Karena jalur-jalurnya telah mantap dibina sejak beberapa dekade lalu.

Rute menuju Annapurna Base Camp merupakan salah satu yang paling populer. Dimana para trekker tak hanya akan menikmati pemandangan Himalaya yang spektakular, melainkan juga kekayaan flora, fauna, dan kultur desa-desa pegunungan yang mempesona.

Selama 12 hari 11 malam BARTZAP.COM sebagai tour leader, bersama guide lokal yang telah bersertifikat dan berpengalaman, akan menemani Anda untuk menjelajahi salah satu jalur trekking paling menakjubkan di wilayah Annapurna. Termasuk berendam pada sumber mata air panas Jhinu Danda, yang akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi rileks kembali, setelah trekking selama berhari-hari di Himalaya.

WAKTU
18 – 29 November 2018

HARGA PAKET TRIP
600 USD

bartzap.files.wordpress.com/2018/08/annapurna-base-camp-trekking-trip-bartzap-dotcom-2

ITINERARY

HARI 1: JAKARTA – KATHMANDU

Anda dan tour leader berkumpul bersama di Bandara Soekarno Hatta dan terbang menuju Kathmandu melalui Kuala Lumpur. Setibanya di Kathmandu, Anda akan dijemput dan diantar menuju hotel di area Thamel untuk beristirahat. Pada malam harinya Anda akan ditemani untuk mengeksplor area Thamel yang eksotis, serta mencicipi kuliner Nepal dan anak benua India yang lezat.

HARI 2: KATHMANDU – POKHARA

Di awal pagi, kita akan berkendara menuju Pokhara dengan menggunakan tourist bus. Sepanjang jalan Anda dapat mengamati kehidupan pedesaan di Nepal, serta bentangan pegunungan Himalaya di kejauhan. Setibanya di Pokhara, Anda dapat beristirahat sembari menikmati keindahan danau Phewa, dan melengkapi kebutuhan logistik terakhir.

HARI 3: POKHARA – NAYAPUL – GHANDRUK (TREKKING HARI 1)

Selepas sarapan pagi, kita akan berkendara menuju Nayapul untuk memulai trekking hari pertama. Dimana nanti kita akan melakukan pendaftaran serta pengecekan administrasi (Trekking Permit dan ACAP) pada check point pertama di Birethanti. Di tengah hari, kita akan makan siang di Syauli Bazaar, dan kemudian melanjutkan trekking hingga berakhir di desa Ghandruk (1940 m), tempat kita bermalam.

HARI 4: GHANDRUK – CHHOMRONG (TREKKING HARI 2)

Trekking hari kedua akan kita lakukan selepas sarapan pagi. Dimulai dengan menuruni desa Ghandruk, melalui hutan serta ladang-ladang penduduk, menuju lembah sungai Kimrong. Setelah itu kita akan menanjaki tebing menuju desa Jhinu Danda, dan beristirahat makan siang. Kemudian trekking akan dilanjutkan menuju desa Chhomrong (2170 m) untuk bermalam di sana.

HARI 5: CHHOMRONG – DOVAN (TREKKING HARI 3)

Di awal trekking hari ketiga, kita akan melakukan pengecekan administrasi di check point Chhomrong. Dan melakukan pendaftaran untuk memasuki wilayah konservasi Annapurna. Ini merupakan trekking menyusuri pedesaan terakhir, sebelum memasuki wilayah pegunungan yang lebih didominasi oleh hutan dan karang-karang tinggi. Kita juga akan melalui Sinuwa, yang memiliki aturan khusus. Dimana membawa, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung daging, menjadi larangan yang harus dipatuhi oleh setiap trekker. Trekking pada hari ketiga akan dikhiri di Dovan (2310 m).

HARI 6: DOVAN – MACHHAPUCHHARE BASE CAMP (TREKKING HARI 4)

Pada trekking hari keempat, pemandangan Himalaya yang menakjubkan akan semakin terasa. Hutan-hutan lebat dengan pepohonan tinggi yang memayungi seperti hari-hari sebelumnya, akan semakin berkurang. Dan berganti menjadi tebing serta puncak-puncak gunung karang yang diselimuti oleh salju di kejauhan. Kita akan melalui daerah-daerah yang agak berbahaya dan rawan longsoran. Tetap fokus dan mengikuti instruksi guide serta buddy, menjadi keharusan. Di hari tersebut, kita akan menyusuri lembah serta aliran sungai Modi, untuk menuju Machhapuchhare Base Camp (3700 m) dan bermalam di sana.

HARI 7: MACHHAPUCHHARE BASE CAMP – ANNAPURNA BASE CAMP (TREKKING HARI 5)

Setelah sarapan kita akan melanjutkan trekking hari kelima, menuju Annapurna Base Camp yang menjadi tujuan utama trip ini. Jika salju sempat turun pada hari atau malam sebelumnya, maka trekking di hari tersebut akan memberikan tantangan baru. Dan diharapkan, sebelum jam makan siang kita sudah bisa sampai di Annapurna Base Camp (4130 m). Selanjutnya kita dapat beristirahat, sembari menikmati area sekitar base camp. Jika cuaca memungkinkan, Anda dapat menikmati keindahan sunset di Himalaya sebelum menutup hari.

HARI 8: ANNAPURNA BASE CAMP – BAMBOO (TREKKING HARI 6)

Kita akan membuka pagi, dengan menikmati kemegahan matahari yang terbit dari balik puncak Machhapuchhare. Selain itu kita juga akan menikmati pemandangan puncak-puncak gunung lainnya yang mengelilingi Annapurna Base Camp, termasuk lembah yang membatasinya dengan puncak Annapurna Selatan. Setelah sarapan, trekking hari keenam akan kita lanjutkan dengan menuruni wilayah tersebut menuju Bamboo, yang akan menjadi tempat kita bermalam selanjutnya.

HARI 9: BAMBOO – JHINU DANDA (TREKKING HARI 7)

Selepas sarapan pagi, kita akan melanjutkan trekking hari ketujuh, menuju desa Jhinu Danda (1760 m). Sebelumnya, kita akan melewati desa Chhomrong untuk melakukan pengecekan administrasi dan sign-out dari wilayah konservasi Annapurna. Dan diharapkan, tepat pada jam makan siang, kita telah tiba di desa Jhinu Danda. Sore harinya, kita akan bersama-sama melakukan trekking kecil ke arah lembah. Di sana kita akan bersantai dan berendam pada sumber mata air panas, demi menghilangkan lelah akibat trekking berhari-hari di wilayah Annapurna.

HARI 10: JHINU DANDA – SIWAI – POKHARA (TREKKING HARI 8)

Ini merupakan trekking hari terakhir, dimana kita akan berjalan kaki menuju desa Siwai, untuk selanjutnya kembali ke Pokhara, dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan. Di kota ini kita akan beristirahat semalam.

HARI 11: POKHARA – KATHMANDU

Setelah sarapan pagi, kita akan kembali menuju Kathmandu dengan menggunakan tourist bus. Dan kemudian beristirahat di area Thamel.

HARI 12: KATHMANDU – JAKARTA

Pada hari ini, Anda akan diantar untuk melihat-lihat beberapa atraksi wisata yang menarik di Kathmandu. Anda juga dapat membeli cinderamata khas Himalaya sebagai kenang-kenangan dari perjalanan ini. Dan pada sore hari, Anda akan diantar ke Bandara Internasional Tribhuvan untuk terbang kembali ke Jakarta.

annapurna-base-camp-trekking-trip-bartzap-dotcom-4

HARGA PAKET TERMASUK

  • Antar jemput bandara di Kathmandu.
  • Hotel di Kathmandu dan Pokhara.
  • Transportasi darat (Kathmandu – Pokhara – Nayapul/Siwai pp).
  • Akomodasi dan makan selama hari trekking.
  • Trekking permit dan ACAP Cards.
  • Trekking guide.
  • Trekking porter.
  • Sleeping bag.
  • Indonesian buddy.
  • Dokumentasi.

HARGA PAKET TIDAK TERMASUK

  • Tiket penerbangan internasional.
  • Visa on arrival (25 USD per 15 hari).
  • Asuransi.
  • Tips untuk guide dan porter.
  • Pengeluaran pribadi (laundry, air panas, ekstra makanan, obat-obatan, tiket atraksi tambahan dll).

INFORMASI TAMBAHAN

UMUM

  • Hotel di Kathmandu dan Pokhara adalah twin share bintang tiga (***). Sarapan serta WiFi telah termasuk di dalamnya.
  • Makan siang/malam selama di Kathmandu, Pokhara, dan perjalanan di antaranya, ditanggung oleh peserta. Tour leader hanya akan memberikan rekomendasi tempat dan pilihannya saja.
  • Tour leader dapat menemani peserta untuk mengunjungi atraksi tambahan di Kathmandu/Pokhara, dengan biaya tambahan yang ditanggung oleh peserta.
  • Down Jacket, trekking pole, dan peralatan trekking lainnya dapat disewa di Kathmandu atau Pokhara atas tanggungan peserta.
  • Obat-obatan khusus untuk trekking (anti AMS) dapat dibeli oleh peserta di Kathmandu atau Pokhara.

TREKKING

  • Tingkat kesulitan trekking: mudah hingga sedang.
  • Setiap 1 (satu) orang porter akan membawa beban maksimal hingga 25 Kg, bagi 2 (dua) orang trekker.
  • Selama trekking peserta cukup membawa backpack yang berisi barang-barang pribadi, termasuk obat-obatan dan air minum. Barang-barang lainnya akan dibawa oleh porter.
  • Koneksi WiFi, pengisian daya baterai gawai, serta mandi air panas selama trekking, kemungkinan membutuhkan biaya tambahan. Tergantung pada lokasi/tempat bermalam.

SYARAT DAN KETENTUAN

UMUM & KESELAMATAN

  • Setiap peserta harus memiliki passport yang masih berlaku minimal hingga 8 bulan ke depan, pada saat dilakukan trekking trip.
  • Setiap peserta harus memiliki asuransi yang meng-cover kesehatan dan jiwanya, termasuk pilihan evakuasi dengan menggunakan helicopter.
  • Setiap peserta wajib memeriksakan kondisi kesehatannya sebelum keberangkatan, terutama jika memiliki risiko khusus. Dan segala risiko yang terkait dengan kesehatan serta jiwanya, menjadi tanggung jawab peserta.
  • Peserta juga wajib menginformasikan detail asuransinya, sebagai persyaratan administrasi, maksimal 1 bulan sebelum keberangkatan.
  • Karena keselamatan adalah prioritas utama dalam perjalanan ini, maka tour leader memiliki wewenang untuk mengubah atau membatalkan sebagian rencana trekking demi alasan keamanan. Di dalamnya termasuk alasan yang diakibatkan oleh: kondisi cuaca, kondisi alam yang berubah tiba-tiba (force majeur), dan kondisi kesehatan peserta yang tidak memungkinkan.

PENDAFTARAN, PEMBAYARAN & PELAKSANAAN

  • Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran, mengirimkan fotocopy passport, file foto terbaru, serta menandatangani surat pernyataan yang disediakan oleh BARTZAP.COM.
  • Pembayaran dapat dilakukan dengan metode cicilan, setelah peserta menyetorkan down payment (DP) sebesar 150 USD.
  • Jika persyaratan di atas tidak dipenuhi, maka peserta dianggap belum mendaftarkan diri.
  • Cicilan selanjutnya adalah 150 USD yang dibayarkan secara berkala pada tanggal: 4 September, 4 Oktober, dan 4 November 2018.
  • Jika peserta mendaftar setelah tanggal cicilan (per tanggal 4), maka pembayaran pertama adalah DP beserta cicilan yang telah berjalan.
  • BARTZAP.COM akan bertindak sebagai tour leader dalam trip ini, jika peserta memenuhi kuota minimum 12 orang dan maksimum 15 orang.
  • Jika sampai tenggat waktu yang ditentukan, ternyata kuota peserta tidak terpenuhi, maka dana yang telah disetorkan akan dikembalikan kepada peserta. Atau dimusyawarahkan kembali kepada peserta mengenai ketentuan dan harga yang menyesuaikan jumlah peserta.
  • Apabila peserta membatalkan keikutsertaannya, namun telah menyetorkan sebagian atau sepenuhnya uang kepesertaan, maka tidak ada pengembalian dana dari jumlah yang telah disetorkan.

KLIK DI SINI UNTUK MENDAFTAR

 

annapurna-base-camp-trekking-trip-bartzap-dotcom-3

Advertisements

Posted by

a Globetrotter | a Certified Diver: PADI Advance Diver and AIDA** Pool Freediver | a Photography Enthusiast | a Laboratory Technician.

2 thoughts on “[Open Trip] Annapurna Base Camp Trek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s